PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN
(RESUME MSDM PERT 5)
Training (Pelatihan)
Suatu usaha terencana yang dilakukan perusahaan
untuk memudahkan karyawan mempelajari pekerjaan.
Development
(Pengembangan)
Segala upaya untuk meningkatkan kinerja
manajemen saat ini atau masa depan dengan memberi bekal pengetahuan, perubahan
sikap, atau peningkatan keterampilan.
Tujuan
-
Memperbaiki efektifitas
kerja untuk mencapai hasil-hasil kerja yang telah ditetapkan
-
Dilakukan dengan :
-
Training / Pelatihan :
memperbaiki penguasaan keterampilan dan teknik-teknik pelaksanaan
pekerjaan
-
Pengembangan :
peningkatan kemampuan secara lebih luas, sikap, dan kepribadian
Teknik Pelatihan
ON THE JOB
Job
Rotation
Karyawan diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan
praktek yang berbeda pada bagian organisasi dengan cara berpindah dari satu
pekerjaan ke pekerjaan lain.
Intruksi Pekerjaan :
Dengan memberikan petunjuk-petunjuk pekerjaan secara langsung.
Digunakan untuk melatih karyawan tentang cara pelaksanaan kerja.
Apperenticeship :
Belajar dari seseorang atau beberapa orang yang lebih
berpengalaman. Biasanya untuk mengembangkan keahlian perorangan.
Coaching
Cara pelaksanaan pelatihan dimana atasan mengajarkan keahlian dan
keterampilan kerja pada bawahannya. Diperlukan pengawas untuk memberitahukan
kepada peserta mengenai tugas atau pekerjaan rutin yang akan dilaksanakan dan
bagaimana caranya.
OFF THE JOB :
·
Studi
kasus
Manajer
memberikan masalah organisasi untuk mendiagnosa dan memecahkan.
·
Manajemen
permainan
Tim
manajer bersaing dengan membuat keputusan terkomputerisasi mengenai realistis
tetapi simulasi situasi.
·
Di
luar seminar
Banyak
perusahaan dan universitas menawarkan pengembangan manajemen berbasis Web dan
tradisional
·
Peran
bermain
Menciptakan
situasi yang realistis di mana peserta mengasumsikan peran orang-orang dalam
situasi itu.
·
Perilaku
pemodelan
-
Modeling:
menunjukkan trainee cara (atau "model") yang tepat untuk melakukan
sesuatu.
-
Penguatan
Sosial: memberikan umpan balik terhadap kinerja trainee '.
-
Transfer
belajar: Mendorong peserta menerapkan keterampilan mereka pada pekerjaan.
Pengembangan
Program Evaluasi
Terdapat 4 pengukuran hasil
penelitian:
1.
Reaksi
Tingkat Terendah
- trainee tayangan atau perasaan tentang program.
2.
Belajar
Ujian tertulis
akhir atau tes kinerja.
3.
Perilaku
Tindakan
punggung kinerja pada pekerjaan.
4.
Hasil
Memberikan
ukuran utama dari utilitas program pelatihan dalam hal dari kontribusinya terhadap
tujuan organisasi.
Contoh:
Pengurangan Biaya, Penurunan omset, Absensi, Keluhan, Peningkatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar